10.06.2010

25 Truk Tanki NATO Diserang di Pakistan

Truk tanki yang dibom (Foto: AP)
Kelompok bersenjata menyulut puluhan truk tanki yang memuat bahan bakar untuk pasukan North Atlantic Treaty Organisation (NATO). Insiden ini juga menyebabkan seorang sopir truk tanki tewas terbunuh.

Kamis 30 September lalu Pakistan memutuskan untuk menutup perbatasan Torkham yang menghubungkan Terusan Kyber dengan Afghanistan. Penutupan yang dipicu serangan NATO ke wilayah Pakistan ini, menyebabkan ratusan truk berisi bahan bakar untuk NATO terhenti perjalanannya.
Seperti dilansir Associated Press, Rabu (6/10/2010), truk-truk tersebut tampak terbengkalai di sekitar wilayah Jalan Raya Torkham dan menyebabkan kemacetan panjang pada rute satu jalur yang menuju Afghanistan tersebut. 
Serangan yang terjadi pada pagi hari ini tersebut terjadi saat konvoi sekira 25 truk bahan bakar melintasi perbatasan Chaman di sebelah barat daya Pakistan. 
Awalnya pelaku penyerangan menembaki dua truk yang sedang berhenti, tidak lama kemudian api yang berasal dari dua truk terbakar itu menyambar ke truk lainnya. Alhasil 25 truk pun hangus terbakar dalam insiden ini. 
Tidak jelas siapa yang berada di balik serangan ini, namun kuat dugaan kelompok Taliban Pakistan sebagai tersangka utama serangan. 
Penutupan perbatasan Torkham oleh Pakistan membuat panas hubungan Pakistan dengan Amerika Serikat (AS) sebagai pemimpin pasukan NATO di Afghanistan. 
Reaksi:

0 komentar: