2.28.2011

Memproteksi Kolom atau Baris Pada Ms Excel

Beberapa hari yang lalu salah seorang teman yang ada di bagian kurikulum meminta saya untuk membatu memproteksi file microsoft excel daftar nilai yang sudah beliau buat. Terkadang saat kita menggunakan formula dalam sel Microsoft Excel (MS Excel), ada kalanya formula yang sudah susah-susah dibuat lenyap/hilang begitu saja. Kadang hilangnya formula atau entry yang ada di sel Ms Excel terjadi karena kecerobohan kita atau dikarenakan orang lain yang kurang mengerti tentang aplikasi ini atau yang lainnya.
Nah berikut ini adalah langkah-langkah untuk memproteksi formula/sel dalam Ms Excel :
  1. Tekan tombol “Ctrl + A” untuk memilih semua sel dalam sheet aktif Anda.
  2. Tekan Kombinasi tombol “Ctrl + 1” atau pilih  “Format | Cells“, Dalam kotak dialog “Format Cells” yang muncul, klik tab “Protection“. Nonaktifkan (hilangkan tanda cek) pada bagian “Locked“, dilanjutkan dengan klik “OK
  3. Tekan Kombinasi tombol “Ctrl + G” atau pilih menu “Edit | Go To” dan klik tombol “Special“. Pada bagian “Select” pilih “Formulas“, klik tombol “OK“. Pada langkah ini akan menyeleksi semua sel yang berisi formula.
  4. Setelah Sel yang berisi formula tersebut terseleksi, Tekan kombinasi tombol “Ctrl + 1” atau menu “Format | Cells“. Klik tab “Protection” kemudian aktifkan bagian “Locked” (beri tanda cek), dan klik “OK“. Langkah ini merupakan kebalikan dari langkah kedua. Untuk memproteksi beberapa sel yang Anda inginkan (bukan sel formula) bisa Anda memilihnya secara manual dengan menggunakan kursor mouse Anda.
  5. Berikutnya pilih menu “Tools | Protection | Protect Sheet…“. Pada kolom password anda dapat mengisi password sebagai akses saat melakukan perubahan pada sel yang berisi formula. Apabila kolom ini Anda isi, anda akan diminta untuk mengisi ulang passwordnya pada kolom konfirmasi. Sekarang formula Anda aman dari perubahan secara tidak sengaja.
  6. Untuk menonaktifkan atau untuk melakukan perubahan pada sel formula yang sudah terprotek anda dapat menonaktifkannya dengan memilih menu “Tools | Protection | Unprotect Sheet…“, kemudian Anda isikan password yang telah Anda buat.
Reaksi:

0 komentar: