4.09.2011

Manfaat Besar Ikan Laut Cegah Kerusakan Mata

Banyak manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan, salah satunya adalah mereka yang banyak makan ikan memiliki lebih kecil resiko masalah mata. Hal ini pada dua penelitian yang dilakukan peneliti National Eye Institute, John Paul SanGiovanni, ScD dan rekannya dimana minyak ikan mencegah dua masalah mata serius. (foto: Google)
Banyak manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan, salah satunya adalah mereka yang banyak makan ikan memiliki lebih kecil resiko masalah mata. Hal ini pada dua penelitian yang dilakukan peneliti National Eye Institute, John Paul SanGiovanni, ScD dan rekannya dimana minyak ikan mencegah dua masalah mata serius. 
(foto: Google)
Selain mengandung protein tinggi, ikan laut ternyata juga mampu mencegah penurunan kualitas penglihatan wanita seiring pertambahan usia.

Penelitian pertama terhadap masalah kemorosotan penglihatan yang diakibatkan usia. Masalah ini terjadi akibat gangguan pada pusat retina, syaraf mata bagian belakang yang dapat menyebabkan kebutaan. Manfaat mengonsumsi ikan laut minimal dua kali sepekan terhadap kesehatan mata wanita diteliti oleh Profesor William Christie dari Harvard Medical School, seperti diberitakan dari laman Genius Beauty.

Penelitian itu dilakukan selama kurun waktu 10 tahun. Studi melibatkan 38.000 wanita. Sebanyak 235 orang di antaranya menunjukkan macular degeneration yaitu gangguan kronis pada mata yang ditandai oleh kemunduran jaringan pada bagian mata yang bertanggung jawab pada pusat penglihatan. Kemunduran ini terjadi di macula, yang terletak di pusat retina.

Selama penelitian, para wanita menulis laporan tentang apa dan berapa banyak yang telah mereka makan. Mereka, yang secara teratur menerima jumlah cukup ikan dan makanan laut, 42 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kerusakan penglihatan.

Selain ikan, makanan laut lainnya seperti cumi, udang, kerang, kepiting, gurita serta ganggang juga memiliki kandungan omega-3 asam lemak tinggi yang mampu mencegah kerusakan retina.

Oleh sebab itu, mulailah mengonsumsi makanan laut, terutama ikan, sebagai investasi penglihatan yang sehat hingga usia senja. Banyak manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan, salah satunya adalah mereka yang banyak makan ikan memiliki lebih kecil resiko masalah mata. Hal ini pada dua penelitian yang dilakukan peneliti National Eye Institute, John Paul SanGiovanni, ScD dan rekannya dimana minyak ikan mencegah dua masalah mata serius.

Penelitian kedua dilakukan dalam masalah sindrom kekeringan mata. Gejala ini terjadi ketika mata seseorang tidak memiliki cukup cairan mata yang dapat berakibat goresan pada kornea dan hilangnya penglihatan.

Dalam penelitian ditemukan wanita yang diet dengan memasukan sebagian besar makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ketika diukur dengan seberapa banyak mengkonsumsi ikan, sedikit memiliki sindrom kekeringan mata.

Salah satunya adalah makan ikan tuna. Mereka yang makan ikan tuna dua sampai empat porsi ikan tuna setiap minggu memiliki 18% resiko lebih kecil mengalami sindom ini dibanding mereka yang kurang konsumsi ikan tuna.
Reaksi:

0 komentar: