4.12.2011

Memilukan, Bayi Lahir dengan Otak Terburai

Bayi dengan otak terburai di Grobogan, Jateng. (Dok: Sun TV)GROBOGAN- Seorang bayi laki-laki lahir dengan kondisi otak terburai di Rumah Sakit Umum Dokter Soedjati, Grobogan, Jawa Tengah. Keluarga bingung tidak memiliki biaya untuk mengoperasi sang Buah Hati.
Bayi mungil yang baru berusia 13 hari ini masih berada di ruang perawatan Cempaka RSU Dokter Soedjati Purwodadi. Anak pasangan Paryadi dan Susilowati, warga Desa Randu Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, ini mengalami kelainan di kepala.
Susilowati hanya bisa menagis saat melihat kepala anaknya yang sangat memprihatinkan. Menurut Susilowati, saat berada dalam kandungan kondisi janin sehat dan tidak ada tanda-tanda aneh. Bahkan dia rutin kontrol ke bidan.
Orangtua bayi yang hanya bekerja sebagai buruh kini dihantui ketakutan kebingungan karena tidak memiliki biaya untuk operasi anaknya.
“Saya sudah habis-habisan dan tiak punya biaya lagi untuk mengobati anak saya biar bisa sembuh normal. Sudah 13 hari saya di rumah sakit, sementara suami hanya buruh yang penghasilanya tidak cukup untuk makan,” keluh Susilowati, Senin (28/2/2011).
Menurut dokter spesialis anak RSU Soedjati, Muhadjir, kelainan pada kepala bayi tersebut merupakan bawaan sejak lahir dan disebabkan beberapa faktor seperti lingkungan yang tidak sehat dan pola hidup ibunya.
“Biasanya penyebab terjadinya kelainan pada kepala bayi tersebut adalah faktor lingkungan dan adanya faktor genetik. Satu satunya jalan untuk penyembuhan ya harus dengan operasi,” terang Muhadjir kepada wartawan.
Susilowati berharap agar pemerintah dan dermawan membatu meringankan beban biaya operasi anaknnya meski sudah memiliki kartu Jamkesda.
Reaksi:

0 komentar: